Rabu, 03 Desember 2014

Jenis - Jenis Komputer

Jenis – jenis computer
Komputer Terbagi atas beberapa jenis dan cara kerja serta contoh penggunaannya pun berbeda  , diantaranya adalah :
           
1.    Super Komputer
2.   Main Frame
3.   Mini Komputer
4.   Personal Komputer
5.   Handheld Komputer

1.      Super Kopmuter

Super komputer adalah  sebuah komputer yang berada di garis depan kapasitas pengolahan saat ini, terutama kecepatan perhitungan. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960 dirancang oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC). Mesin awal CDC hanyalah prosesor skalar sangat cepat, sekitar sepuluh kali kecepatan mesin yang paling cepat yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Pada 1970-an, superkomputer hanya didedikasikan untuk menjalankan prosesor vektor. Di awal dan pertengahan 1980-an, mesin dengan penjumlahan vektor sederhana prosesor yang bekerja secara paralel adalah hal yang sudah biasa. Pada akhir 1980-an dan 1990-an, perhatian beralih dari vektor prosesor ke sistem pengolahan paralel masif dengan ribuan CPU yang telah didesain khusus.

Cara kerjanya :  Bila ada superkomputer yang masih punya kapasitas hitung, periset mendapat akses pada superkomputer itu melalui login dan password. Teori yang akan dites kemudian dipecah menjadi persamaan matematika yang dikirim ke superkomputer tersebut melalui sambungan internet. Matthias Brehm dari pusat komputer München menjelaskan, komputer biasa tak punya cukup memory untuk memecahkan masalah yang terlalu kompleks

Contoh Penggunaannya :
Biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan yang kompleks, misalnya untuk peramalan cuaca dan perancangan roket.



2.      Main Frame
Main Frame adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal.
Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat dinamakan superkomputer, mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dalam riset para ilmuwan, untuk pemrosesan data perusahaan atau untuk keperluan militer.
 Cara Kerja :  Mainframe menyediakan sedikit waktu dan sebagian memorinya untuk setiap pemakai (user), kemudian berpindah lagi kepada  pemakain lain, lalu kembali kepemakai yang pertama. Perpindahan ini tidak dirasakan oleh pemakai, seolah-olah tidak ada apa-apa.  Mainframe disediakan untuk banyak pemakai (multi user) dan setiap pemakai dapat menggunakan program yang berbeda pada saat  yang sama (multitasking). Komputer mainframe mempunyai CPU yang berada pada satu mesin sendiri, mempunyai perangkat  penyimpanan, komunikasi di satu mesin sendiri dan dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor  saja

Contoh Penggunaan : Komputer jenis ini biasanya digunakan pada perusahaan yang berskala besar, seperti kantor pusat penerbangan nasional, perusahaan asuransi dan perguruan tinggi.

3.      Mini Komputer
Mini Komputer merupakan salah satu jenis komputer yang mempunyai kemampuan yang lebih besar jika dibandingkan dengan personal komputer, hal ini disebabkan karena microprocessor yang digunakan jauh lebih unggul. Salah satu contoh mini komputer adalah IBM AS-400.
Komputer mini adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi.
Cara Kerja :  Komputer ini umum digunakan untuk banyak pemakai . pada saat bersamaan dan time shared . Time shared artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan untuk beberapa pemakai sekaligus secara bersama sama

Contoh Penggunaan
 : kompurter mini ditunjukan untuk perusahaan yang tidak begitu besar tapi juga tidak begitu kecil . komputer mini cocok untuk perguruan tinggi yang hanya memiliki satu atau dua fakultas , pabrik dan produknya hanya untuk memenuhi kebutuhan daerah setempat.

4.      Personal komputer
Personal Komputer  merupakan salah satu jenis komputer yang pada awalnya diciptakan hanya untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Namun, Karena harganya yang relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer.
Personal komputer kini tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada diperusahaan.

Cara Kerja :
  1. 
 Input data
Sebuah perintah dari pengguna masuk ke dalam sistem komputer yang disebut input akan diolah oleh CPU (Central Processing Unit).
2.      Central Processing Unit (CPU)
Di CPU perintah yang masuk melalui perangkat input diolah di dalam prosesor. Di dalam CPU/prosesor terdapat Control Unit (CU) dan Arithmetic Logic Unit (ALU). Control Unit berfungsi sebagai bos dari ALU yang memberikan instruksi aritmatika atau logika dalam bahasa komputer sesuai dengan data input kepada ALU. ALU melakukan operasi aritmatika atau logika yang diinstruksikan oleh Control Unit untuk selanjutnya ditampilkan hasilnya kepada pengguna atau user melalui perangkat output.
3.      Memori
           Memori bertugas sebagai jalan masuk data atau akses data ke prosesor sambil menyimpan data sementara saat komputer beroperasi. Cara kerjanya mirip notulis. Memori komputer ada tiga: register, cache memory (tembolok), dan main memory. Register bertugas menyediakan akses yang cepat untuk mengeksekusi program-program komputer.
4.      Disk
           Disk berfungsi menyimpan data hasil olahan secara permanen . disk memiliki kapasitas data yang lebih besar dari memori
5.       Output
      Output berfungsi memberikan hasil pengolahaan data kepada user atau pengguna


Contoh Penggunaan :  : Komputer jenis inilah yang paling banyak digunakan, baik  itu di rumah, kantor, lembaga kursus, sekolah dll. Dengan menambahkan berbagai perangkat tambahan, komputer PC dapat  menandingi komputer mainframe dan mini


5.       Handheld computer 
Handheld computer adalah komputer yang cukup kecil sehingga dapat digenggam. Komputer genggam ini dapat bekerja dengan fungsi yang hampir sama dengan komputer biasa.
Meskipun sangat mudah untuk dibawa, komputer genggam tidak dapat menggantikan komputer biasa (PC) karena hanya memiliki keyboard dan layar yang kecil.
Cara Kerja : bekerja dengan program piranti lunak yang berbeda , jadi walaupun berisikan banyakj dokumen seperti gambar , musik , dan lainnya yang bisa dipakai namun tidak pada pemrogaman . pada penyimpana data tanpa kartu memori, data disimpatn dalam RAM dengan ukuran puluhan megabyte , sedangkan sumber energinya berasal dari baterai isi ulang .

Contoh Penggunaan :
Komputer genggam dapat meningkatkan produktivitas pengguna dan memudahkan mereka untuk bekerja lebih efisien. Komputer genggam yang paling banyak digunakan adalah komputer yang khusus dirancang untuk menyediakan fungsi PIM (Personal Information Manager), seperti kalender, agenda, dan buku alamat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar